SMK Muhammadiyah 3 Singosari Memulai langkah lebih maju untuk mempersiapkan alumni berkualitas dengan membentuk program Sekolah Pencetak wirausaha. Program ini menjadi salah satu inovasi SMK Muhammadiyah 3 Singosari untuk menjadi wadah bagi siswa yang memiliki kemampuan berwirausaha maupun yang telah melaksanakan kegiatan usaha secara mandiri.

Kedepannya siswa dan siswi serta lulusan dari SMK bukan lagi berfokus pada dunia kerja saja, tetapi sudah harus memikirkan alternatif lain salah satunya berwirausaha, terutama dimasa pandemi ini dimana wirausaha khususnya yang berbasis daring/online mendapat banyak perhatian dan lebih menjanjikan.
Keluar dari zona nyaman adalah mental pertama untuk siswa jika ingin merintis menjadi seorang pebisnis. Dukungan orang tua di rumah juga menentukan setangguh apa kelak siswa.

Kegiatan sharing bersama Sekolah Pencetak Wirausaha melalui Zoom

Salah satu wujud dari hasil program SPW adalah terbentuknya tim masing masing kelas atau jurusan dengan satu komandan regu setiap tim dimana mereka terbentuk dari siswa yang telah melaksanakan usaha secara mandiri ataupun melanjutkan usaha milik keluarga. dengan adanya Program SPW ini membuat indikator penilaian siswa bergeser yaitu siswa yang memiliki omzet tinggi maka akan mendapatkan nilai tinggi pula.

Kegiatan bazar produk siswa di lingkungan sekolah

Salah satu implementasi kegiatan ini adalah mendorong siswa untuk berani menjual produk mereka dengan membuka pameran produk unggulan siswa di sekolah sebagai sarana pemasaran internal lingkungan sekolah serta mengikuti kegiatan pameran bersama di PPPPTK BISPAR di Sawangan Depok.

Kunjungan dari Dirjend Vokasi Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D

Kegiatan Pameran bersama hasil produk siswa di Depok diharapkan akan menjadi motivasi bagi juragan muda lainnya untuk tetap berinovasi dalam produk dan strategi pemasaran yang efektif baik secara online atau offline.

Spread the love
Kirim Pesan
Hai, Kamu Butuh Bantuan?
Halo, Kamu bingung?
Kirimkan pertanyaanmu kepada kami